Teori
belajar kognitif dianut oleh pakar-pakar, seperti Piaget,
Bruner, dan Ausubel. Menurut teori ini, ada hal yang lebih penting
dari sekadar hasil belajar yang berupa perubahan tingkah laku. Tingkah laku
seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang
berhubungan dengan tujuan belajarnya. Belajar merupakan perubahan persepsi dan
pemahaman yang tidak selalu dapat terlihat sebagai tingkah laku yang tampak dan
melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks. Proses belajar terjadi melalui
pengaturan stimulus yang diterima dan menyesuaikannya dengan struktur kognitif
yang telah dimiliki dan terbentuk dalam pikiran berdasarkan pemahaman dan
pengalaman sebelumnya. Dalam penerapan teori belajar kognitif,
kebebasan dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar
amat diperhitungkan agar aktivitas belajar menjadi lebih bermakna bagi
siswa. Prinsip-prinsip belajar yang dianut adalah berikut ini.
1. Siswa mengalami
perkembangan kognitif melalui tahap-tahap tertentu sampai mencapai kematangan
kognitif seperti orang dewasa.
2. Pembelajaran perlu dirancang agar sesuai dengan
perkembangan kognitif siswa.
3. Agar proses asimilasi dan akomodasi pengetahuan dan
pengalaman dapat terjadi, siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam belajar.
4. Pengalaman atau informasi baru perlu dikaitkan dengan
struktur kognitif yang telah dimiliki oleh siswa untuk menarik minat dan
meningkatkan retensi.
5. Belajar memahami akan lebih bermakna daripada belajar
menghafal.
6. Perbedaan individual
antarsiswa perlu diperhatikan dalam rangka mencapai keberhasilan belajar.
Gagasan
antarpakar tentang implementasi teori kognitif dalam pembelajaran agak
bervariasi. Berikut ini ditampilkan langkah-langkah pembelajaran menurut
Piaget.
1. Guru menentukan tujuan
pembelajaran.
2. Guru memilih materi pelajaran dan menentukan topik-topik
yang dapat dipelajari secara aktif.
3. Guru menentukan kegiatan belajar yang sesuai dengan
topik, seperti penelitian, pemecahan masalah, diskusi, simulasi, dsb.
Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar