Minggu, 03 Februari 2013

Teori Belajar Humanistik



     
Semua tujuan pendidikan diarahkan pada terbentuknya manusia yang ideal, manusia yangdicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Maka sangat perludiperhatikan perkembangan peserta didik dalam mengaktualisasikan dirinya serta realisasidiri. Pengalaman emosional dan karakteristik khusus individu dalam belajar perludiperhatikan dalam merencanakan pembelajaran. Karena seseorang akan dapat belajar denganbaik jika mempunyai pengertaian tentang dirinya sendiri dan dapat membuat pilihan-pilihansecara bebas ke arah mana ia akan berkembang.
 Teori humanistik akan sangat membantu para pendidik dalam memahami arah belajar padadimensi yang lebih luas, sehingga upaya pembelajaran apapun dan pada konteks manapunakan selalu diarahkan dan dilakukan untuk mencapai tujuannya. Meskipun teori humanisticini masih sukar untuk diterjemahkan kedalam langkah-langkah pembelajaran yang praktis danoperasional, namun sumbang teori ini sangat besar. Ide-ide, konsep-konsep tujuan yang telahdirumuskannya dapat membantu para pendidik dan guru untuk memahami hakekat kejiwaanmanusia.
 Dalam prakteknya teori humanistic ini cenderung mengarahkan siswa untuk berpikir induktif,mementingkan pengalaman, serta membutuhkan keterlibatan siswa secara aktif dalam prosesbelajar. Oleh sebab itu, walaupun secara eksplisit belum ada pedoman baku tentang langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan humanistic, namun paling tidak dapat dirumuskanlangkah-langkah pembelajaran sebagai berikut
1.   Menentukan tujuan-tujuan pembelajaran
2.  Menentukan materi pembelajaran
3.  Mengidentifikasikan kemampuan awal siswa
4.  Mengidentifikasi topic-topik pelajaran yang memungkinkan siswa secar aktif melibatkan diri dalam atau mengalami dalam belajar
5.  Merancang fasilitas belajar seperti lingkungan dan media pembelajaran
6.  Membimbing siswa belajar secara aktif 
7.  Membimbing siswa untuk memahami hakekat makna dari pengalaman belajarnya
8. Membimbing siswa membuat konseptual pengalaman belajarnya
9.  Membimbing siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep baru ke situasi nyata
10.               .Mengevaluasi proses dan hasil belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar