Semua
tujuan pendidikan diarahkan pada terbentuknya manusia yang ideal, manusia
yangdicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Maka
sangat perludiperhatikan perkembangan peserta didik dalam mengaktualisasikan
dirinya serta realisasidiri. Pengalaman emosional dan karakteristik khusus
individu dalam belajar perludiperhatikan dalam merencanakan pembelajaran.
Karena seseorang akan dapat belajar denganbaik jika mempunyai pengertaian
tentang dirinya sendiri dan dapat membuat pilihan-pilihansecara bebas ke arah
mana ia akan berkembang.
Teori humanistik akan sangat membantu para
pendidik dalam memahami arah belajar padadimensi yang lebih luas, sehingga
upaya pembelajaran apapun dan pada konteks manapunakan selalu diarahkan dan
dilakukan untuk mencapai tujuannya. Meskipun teori humanisticini masih sukar
untuk diterjemahkan kedalam langkah-langkah pembelajaran yang praktis
danoperasional, namun sumbang teori ini sangat besar. Ide-ide, konsep-konsep
tujuan yang telahdirumuskannya dapat membantu para pendidik dan guru untuk
memahami hakekat kejiwaanmanusia.
Dalam prakteknya teori humanistic ini
cenderung mengarahkan siswa untuk berpikir induktif,mementingkan pengalaman,
serta membutuhkan keterlibatan siswa secara aktif dalam prosesbelajar. Oleh sebab
itu, walaupun secara eksplisit belum ada pedoman baku tentang langkah-langkah
pembelajaran dengan pendekatan humanistic, namun paling tidak dapat
dirumuskanlangkah-langkah pembelajaran sebagai berikut
1. Menentukan tujuan-tujuan
pembelajaran
2. Menentukan materi pembelajaran
3. Mengidentifikasikan kemampuan awal
siswa
4. Mengidentifikasi topic-topik
pelajaran yang memungkinkan siswa secar aktif melibatkan diri dalam atau
mengalami dalam belajar
5. Merancang fasilitas belajar
seperti lingkungan dan media pembelajaran
6. Membimbing siswa belajar secara
aktif
7. Membimbing siswa untuk memahami
hakekat makna dari pengalaman belajarnya
8. Membimbing siswa membuat
konseptual pengalaman belajarnya
9. Membimbing siswa dalam
mengaplikasikan konsep-konsep baru ke situasi nyata
10.
.Mengevaluasi
proses dan hasil belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar