A. Arti dan tujuan penilaian dalam
bimbingan
Penilaian ialah
menetapkanbaik atau tidaknya sesuatu berdasarkan kreteria tertentu. Secara umum
tujuan yang ingin dicapai dengan penilaian pelaksanaan bimbingan di sekolah
ialah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan bimbingan disekolah itu. Tetapi
oleh karena keseluruhan pelaksanaan bimbingan disekolah harus dinilai meliputi
program bimbingan, pelaksanaan bimbingan dan hasil bimbingan, maka rincian
penilaian itu :
1. Apakah program bimbingan yang
dilaksanakan itu dilaksanakan itu sesuai dengan kreteria program bimbingan yang
baik
2. Apakah pelaksanaan tiap-tiap layanan
bimbingan telah sesuai dengan kaidah-kaidah yang harus diikuti masing-masing
jenis layanan bimbingan
3. Apakah hasil yang dicapai telah sesuai
dengan tujuan yang diinginkan?
B. Arti dan tujuan studi lanjut
Studi lanjut adalah usaha untuk menelaah hasil
layanan bimbingan kepada para siswa yang telah meninggalkan sekolah itu, baik
karena droup out, karena melanjutkan studi, atau karena bekerja. Adapun tujuan
yang ingin dicapai :
1. Untuk mengetahui siapakah diantara
mereka yang masih menginginkan bantuan bimbingan lebih lanjut
2. Seberapa jauh mereka dapat
memanfaatkan bantuan bimbingan dalam kehidupan secara nyata.
3. Untuk membina hubungan alumnus dengan
almamater yang akan banyak manfaatnya
C. Kriteria dan kaidah-kaidah yang
dapat dipergunakan sebagai pertimbangan dalam menyusun alat ukur
1. Kreteria program bimbingan yang baik
2. Kaidah-kaidah yang dapat dipergunakan
sebagai pertimbangan dalam menyusun alat ukur pelaksanaan bimbingan
3. Kreteria keberhasilan dalam
pelaksanaan bimbingan (efektivitas bimbingan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar