Minggu, 03 Februari 2013

Manajemen Penilaian dan Studi Lanjut


A.      Arti dan tujuan penilaian dalam bimbingan
Penilaian ialah menetapkanbaik atau tidaknya sesuatu berdasarkan kreteria tertentu. Secara umum tujuan yang ingin dicapai dengan penilaian pelaksanaan bimbingan di sekolah ialah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan bimbingan disekolah itu. Tetapi oleh karena keseluruhan pelaksanaan bimbingan disekolah harus dinilai meliputi program bimbingan, pelaksanaan bimbingan dan hasil bimbingan, maka rincian penilaian itu :
1.       Apakah program bimbingan yang dilaksanakan itu dilaksanakan itu sesuai dengan kreteria program bimbingan yang baik
2.       Apakah pelaksanaan tiap-tiap layanan bimbingan telah sesuai dengan kaidah-kaidah yang harus diikuti masing-masing jenis layanan bimbingan
3.       Apakah hasil yang dicapai telah sesuai dengan tujuan yang diinginkan?
B.      Arti dan tujuan studi lanjut
Studi lanjut adalah usaha untuk menelaah hasil layanan bimbingan kepada para siswa yang telah meninggalkan sekolah itu, baik karena droup out, karena melanjutkan studi, atau karena bekerja. Adapun tujuan yang ingin dicapai :
1.       Untuk mengetahui siapakah diantara mereka yang masih menginginkan bantuan bimbingan lebih lanjut
2.       Seberapa jauh mereka dapat memanfaatkan bantuan bimbingan dalam kehidupan secara nyata.
3.       Untuk membina hubungan alumnus dengan almamater yang akan banyak manfaatnya
C.      Kriteria dan kaidah-kaidah yang dapat dipergunakan sebagai pertimbangan dalam menyusun alat ukur
1.       Kreteria program bimbingan yang baik
2.       Kaidah-kaidah yang dapat dipergunakan sebagai pertimbangan dalam menyusun alat ukur pelaksanaan bimbingan
3.       Kreteria keberhasilan dalam pelaksanaan bimbingan (efektivitas bimbingan)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar