Minggu, 03 Februari 2013

Manajemen Layanan Konsultasi

A. pengertian dan tujuan layanan konsultasi
konsultasi dapat dimaknai sebagai pemberian bantuan kepada siswa, melalui consultee, dengan terlebih dahulu konselor(konsultan) bersama konsulti membahas rencana bantuan kepada siswa. Delapan tujuan yang telah di rumuskan dan di jelaskan oleh fullmer dan Benard adalah :
1.       untuk meningkatkan dan mengembangkan lingkungan belajar bagi siswa, orang tua dan petugas-petugas sekolah
2.       untuk meningkatkan komunikasi dengan membantu aliran komunikasi antar berbagai pihak yang berkepentingan dengan perkembangan siswa
3.       menyatukan orang-orang yang memiliki peran dan dan fungsi berbeda dalam layanan bantuan
4.       meningkatkan layanan ahli
5.       meningkatkan pendidikan in-service para guru dan petugas sekolah yang lain
6.       membantu berbagai pihak mempelajari perilaku
7.       menciptakan lingkungan belajar antar berbagai pihak dengan fungsi dan tugas yang berbeda-beda
8.       mendorong organisasi bantuan-diri

B. model-model konsultasi
1.       Model caplanian
2.       Model consulcube
3.       Model terpadu
4.       Model isi vs proses

C. Mekanisme layanan konsultasi
1.       Tahap 1, pra-entri
2.       Tahap 2, entri
3.       Tahap 3, mengumpulkan informasi
4.       Tahap 4, menetapkan masalah
5.       Tahap 5, menentukan solusi masalah
6.       Tahap 6, menyatakan tujuan
7.       Tahap 7, mengimplementasikan rencana
8.       Tahap 8, evaluasi
9.       Tahap 9, penghentian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar